Sibuk Tik Tok, Istri Malas Diajak Berhubungan Seksual - Beritabali.com

Seksologi

Seksologi dr.Oka Negara, MBiomed, FIAS

Sibuk Tik Tok, Istri Malas Diajak Berhubungan Seksual

Minggu, 18 Oktober 2020 | 12:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Tanya: “Dok, saya seorang suami, yang saat ini lagi galau dan gelisah. Ini dikarenakan belakangan ini istri malas diajak berhubungan seksual, karena hampir sepanjang hari sibuk main tik tok. Entah itu menonton video tik tok,  atau membuat video tik tok.  Sering lupa waktu. Sementara saya sama sekali tidak ada pikiran untuk menyalurkan dorongan seksual saya dengan wanita lain, Dok. Tidak berani saya, takut terkena penyakit menular. Apakah istri sudah kehilangan gairah seks? Dan bagaimana solusinya ini, Dok? (Agung, 40, Denpasar)

Pilihan Redaksi

  • Cerita Putri Suastini Koster Saat Dikarantina di BPK Pering
  • Jawab: Memang aplikasi tiktok ini sedang naik daun, sedang populer. Tidak hanya anak muda dan remaja yang suka main tiktok, tetapi juga banyak yang lebih dewasa menghabiskan banyak waktunya untuk menonton video orang-orang bergoyang tiktok dengan latar musik atau lagu yang sedang populer. Bahkan bisa jadi ikut sibuk juga membuat video tiktok. Memilih lagu yang sedang populer, merekam diri sambal bergoyang, mengedit videonya, mengunggahnya ke tiktok, sambal terus bolak-balik buka handphone untuk melihat berapa banyak yang sudah menyukai video tiktoknya. Ini bisa jadi memang mengasikkan bahkan banyak juga yang menganggap jika tidak dikendalikan bisa mengakibatkan kecanduan secara psikis. Tiada hari tanpa main tiktok. Jadi, bisa ditebak, akan banyak waktu yang harusnya dimanfaatkan untuk kegiatan yang harusnya lebih produktif, terutama saat pandemi ini, malah jadinya menjadi tidak produktif karena berkurang banyak untuk bermain tiktok. Tetapi tidak hanya waktu produktif untuk kegiatan sehari-hari, termasuk kegiatan ekonomi keluarga yang menjadi dikorbankan, termasuk juga romantisme dan kehidupan seksual pasangan suami istri.
    Sesungguhnya kebahagiaan dari sepasang suami istri, termasuk kualitas hidupnya, juga ditentukan dari kualitas kehidupan seksualnya. Jika kehidupan seksual dinikmati dan membawa rasa senang, maka akan menciptakan kemesraan dan kebahagiaan, yang kemudian meningkatkan kualitas hidupnya. Dan ini adalah sebuah hal yang harus terus dipertahankan dan dijaga selalu kebersamaannya. Banyak kejadian konflik di dalam keluarga, hingga bahkan kejadian perceraian yang berawal dari kehidupan seksual yang bermasalah, tidak lagi berkualitas, karena ada pihak yang tidak merasakan kepuasan dalam berhubungan seksual, atau bisa jadi keduanya, dengan penyebab bervariasi, mulai dari kebosanan, tidak lagi memprioritaskan hubungan seksual, hingga memang telah terjadinya gangguan fungsi seksual.
    Memang jika ditelusuri selama pandemi ini, setelah tinggal lebih banyak berdua bersama berbulan-bulan di rumah saja, membawa penerimaan yang bervariasi terhadap romantisme bersama pasangan. Ada yang tambah dekat dan semakin mesra, tetapi tidak sedikit juga karena terjadi kejenuhan tanpa banyak aktivitas, berakibat juga kepada kejenuhan dalam kemesraan seksual. Menjadi lebih hambar dan malah mengurangi gairah seksual bersama. Kebosanan dalam seks memang sering terjadi. Tidak lagi menyenangkan seperti saat masih pengantin baru atau di awal aktivitas seksual dilakukan, belum lagi karena ada tekanan psikis misalnya situasi ekonomi keluarga yang menurun dan rasa takut akan keadaan pandemi ini, takut berlebihan akan tertular dan menjadi sakit. 
    Lalu kemunculan kegembiraan lain yang menyita banyak waktu, dan dilakukan berulang-ulang, bisa membuat dorongan seksual menjadi bukan prioritas saat ini terjadi. Tiktok adalah bisa jadi salah satunya, karena kejadian yang serupa ini, juga dilaporoak cukup banyak terjadi. Akhirnya jika ini diteruskan tanpa upaya untuk kembali ke kehidupan seksual yang lebih sehat, lebih bersama, akan membuat seks bukan lagi prioritas, menjadi kurang romantis, tidak lagi bisa merangsang pasangan dengan maksimal, akhirnya hubungan seksual menjadi datar dan kurang dinikmati lagi. Kebosanan dan ada pengalihan romantism eke permainan tiktok saat ini yang lebih menarik memang perlu diatasi bersama, dikomunikasikan dengan baik, tanpa menambah ketegangan emosi. Mungkin karena di rumah saja, membuat kedua pasangan enggan untuk tampil tetap segar dan bugar, serta tidak lagi mesra setelah sekian lama. 
    Tips sehatnya untuk situasi ini yang bisa dilakukan adalah jika awalnya kejenuhan terjadi pada pasangan, jadikanlah Anda dan pasangan menjadi orang baru kembali. Kembali segar dan menggairahkan, karena ini baik buat bersama. Lakukan ini dengan serius, segeram dengan komunikasi yang juga baik untuk memulainya. Rasakan kembali sensasi dari merubah tampilan bersama menjadi “terlihat baru”. Sekali lagi, tentu saja harus ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai langkah-langkah membuatnya jadi berhasil. Bicarakan berdua dulu jika merasa saat ini terjadi kejenuhan dan ingin diubah kembali segar lagi. Semua perlu dibicarakan dulu, berdua. Sampai benar-benar disetujui bersama.
    Tentu saja pilih waktu yang luang dan lebih menyenangkan buat membicarakannya. Sampaikan semua keinginan dengan lepas, sampai mendapat kesepakatan bersama. Beranikan diri untuk meminta pasangan untuk lebih romantis. Mempersilakan tetap boleh bermain tiktok tetapi dengan tetap menyediakan waktu untuk kebersamaan berdua. Atau kalua perlu ikut juga larut dalam kesenangannya bermain tiktok, bersama, menyelami apa yang disukainya di permainan ini. Beberapa pasangan malah terlihat semakin bergairah ketika sama-sama larut dalam aktivitas-aktivitas seperti ini, yang dilakukan bersama, misalnya ikut menonton video tiktok bersama, ikut juga saat merekam video goyang tiktok bersama, sehingga waktupun akhirnya bisa diatur bersama.
    Kemudian, memulai untuk memasuki komunikasi seksual yang lebih dalam, terutama saat bersama menjelang istirahat malam, yang pastinya memang hanya ada berdua. Beranikan diri untuk menyampaikan semua kegelisahan seksual yang ada, kembali meminta pasangan untuk mau kembali memulai menyiapkan waktu untuk menikmati aktivitas seksual. Sekali lagi dikomunikasikan tanpa emosi. Meminta pasangan untuk lebih berani dan lebih lama untuk melakukan eksplorasi foreplay. Dan saat aktivitas seksual sudah mulai bisa dimulai kembali, beranikan diri untuk meminta pasangan buat melakukan hal-hal yang baru di ranjang. Berikan sentuhan tambahan dengan membuat pasangan lebih segar dengan mengajak berolah raga bersama di rumah dan hal-hal yang menyehatkan sebelumnya, menambah sentuhan sensualitas dengan wewangian baru, suasana baru, pakaian yang lebih segar dan menggoda, tampilan yang lebih seksi dan segar, bisa saja dengan merapikan rambut dan jambang misalnya, buat semuanya menjadi berubah lebih menarik lagi. Lakukan klimaks perubahan pada hari-hari spesial, dan saat itu sudah dilakukan, Anda sudah berhasil melakukan perubahan yang menyenangkan. 
    Terakhir, jangan berhenti sampai di sana. Lakukan kejutan-kejutan lagi. Bisa dengan memberikan hadiah pasca berhubungan seksual seperti makanan kesukaan, coklat lezat yang memikat, tontonan video romantis di kamar tidur, atau malah ajak lagi untuk melakukan hubungan seksual yang masih membara di babak selanjutnya. Itu adalah hal-hal kecil yang bisa kembali membuat bergairah. Jika sedang bersama-sama lagi.
    Satu hal lagi yang perlu diketahui, aplikasi seperti tiktok dan sejenisnya, biasanya akan nge-hits dalam beberapa waktu saja, setelah itu bisa menghilang seperti banyak aplikasi lain sebelumnya. Sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan, tetapi memang pada saat perubahan mulai terjadi sehingga aktivitas seksual menjadi tidak lagi prioritas, itu tidaklah selalu menunjukkan adanya permasalahan dorongan seksual, atau masalah seksual lainnya, tetapi bisa jadi semata karena mulai terjadi kejenuhan, kebosanan, dan banyak tekanan di masa pandemi, yang membutuhkan pengalihan kepada aktivitas lain yang dirasa membawa kegembiraan. Jadi memang saatnya ini diantisipasi sejak awal, dengan komunikasi yang baik, untuk kembali membawa kehidupan seksualnya kembali sehat, sekaligus mengatasi kejenuhan bersama, bahkan jika diantisipasi dengan momentum dan cara yang pas, bukan tidak mungkin malah kehidupan seksual bisa jadi bakal lebih menggairahkan.    

    Penulis : Dokter Oka Negara

    Editor : Putra Setiawan


    TAGS : #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    Seksologi Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Seksologi

    Berita Bali TV