5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang HIV AIDS - Beritabali.com

Seksologi

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang HIV AIDS

Minggu, 28 November 2021 | 15:35 WITA
5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang HIV AIDS

beritabali.com/ist/5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang HIV AIDS

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Tanya: “Dok, aku relawan KMPA (Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS) di FK Udayana, mumpung tadi dokter datang ke acara ulang tahun organisasi kami.
Dan aku lihat, masih banyak anak muda yang perlu dicerahkan karena mereka mulai lagi abai tentang HIV AIDS ini, terlebih banyaknya hoax di media sosial dan berbagai contoh tentang perilaku seksual berisiko yang sering muncul di internet, yang bisa jadi akhirnya membuat anak muda tidak lagi serius mau peduli pencegahan HIV, bahkan untuk dirinya sendiri. Apa saja yang lagi perlu diketahui ya, Dok. Oh ya, Selamat menjelang Hari AIDS Sedunia 1 Desember nanti ya, Dok” (Cok Devi, Denpasar)
Jawab: Mengingatkan kembali, AIDS adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome yang disebabkan oleh virus yang disebut dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV hanya bisa ditularkan lewat aktivitas yang mengakibatkan pertukaran darah, cairan kelamin maupun air susu.
Selain cairan itu, tidak memiliki peluang untuk menular. Setiap orang bisa saja berisiko. Uniknya, ketika HIV masuk ke tubuh tidak langsung memunculkan gejala, setelah 5-10 tahun baru akan memperlihatkan gejala sakit, karena saking lemahnya daya tahan tubuh.
Tetapi sebelum nampak sakit, sejak awal dia sudah bisa menularkan virusnya. So, cuma lewat tes darah baru bisa mengetahui seseorang mengidap HIV atau tidak.
Kehadiran kelompok dan komunitas remaja, terlebih di kampus, untuk ikut peduli akan pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS adalah sebuah contoh yang baik, karena kasus-kasus baru infeksi HIV memang lebih banyak muncul di kalangan anak muda, yang saat ini cukup aktif dalam aktivitas seksual, yang merupakan salah satu cara penularan tertinggi saat ini.
Di samping itu, pengetahuan yang benar, disertai sikap dan perilaku yang sanggup mencegah penularan HIV adalah yang dibutuhkan saat ini.
Halaman :

TAGS : HIV AIDS Aktivitas Seksual Kondom Oral Seks Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



Seksologi Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Seksologi

Berita Bali TV